Klengkeng ada 2 kategori. Klengkeng dataran tinggi dan klengkeng dataran rendah. Klengkeng dataran rendah bisa berbuah dimana saja tanpa perlakuan apapun. Bila memang sudah memasuki fase generatifnya, klengkeng akan tetap berbuah.

Sementara klengkeng dataran tinggi (temperate) mensyaratkan ketinggian tertentu untuk bisa berbunga secara alami. Tetap bisa berbunga  di dataran rendah dengan perlakuan. Yakni pemboosteran. Mineral yang biasa digunakan untuk membuahkan ini biasa dipakai Monokalium Klorida (KClo3).

IMG_20100101_081139
Bunga klengkeng muncul semarak setelah dibooster 

Mineral ini bisa didapatkan di para pembudidaya klengkeng. Kalau di toko pertanian belum tentu ada. kami juga menyediakan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membooster klengkeng.

  1. Pastikan pohon klengkeng dalam kondisi sehat. Dalam artian tidak sakit.
  2. Pastikan pohon klengkeng sedang tidak dalam kondisi sedang tunas. Tidak terdapat tunas muda. Semua pucuk hanya terdapat daun tua.
  3. Racik mineral KCLO3 ke dalam air. Aduk sempurna. Dosisnya sesuaikan dengan ukuran pohon. Kalau tidak terlalu besar, sekitar tingga 2 m dosisnya cukup 150 gram/tanaman. Dilarutkan dalam air 4 liter dan disiramamkan keliling tanah mengikuti pertajukan tanaman. Bila pohon klengkeng cukup besar, dosisnya adalah 250 gram booster dilarutkan ke dalam air 8 liter.
  4. Akan lebih baik aplikasi ini diikuti dengan pemupukan generatif. Berupa pupuk NPK 15-15-20. Atau bisa juga pupuk KCL dicampur SP36.
  5. Akan lebih baik jika umumr pohon klengkeng yang dibooster sudah berumur minimal 3 tahun.
  6. Aplikasi sebaiknya dilakukan akhir musim hujan menjelang musim kemarau. Hujan sudah jarang, panas sudah mulai banyak, tapi kelembaban masih bagus.
  7. Sehabis aplikasi sebaiknya lakukan penyiraman secara rutin tiap sore. Agar mineral yang diberikan segera bisa diserap oleh tanaman dan segera beraksi.

Itulah beberapa saran yang bisa kami berikan. Untuk konsultasi bisa sms ke 081325666314. Lebih detail aplikasi booster ini bisa dilihat di video youtube kami di Cara membooster klengkeng temperate

IMG_20100101_081830
Proses pemboosteran klengkeng di dataran rendah 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s