Ada banyak teknik mencangkok. Cangkok konvensional, cangkok jepit, cangkok susu, dan cangkok sosis. Untuk cangkok jepit,  ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. kondisi tanaman harus sehat dan kuat. Tandanya, kulit batang mulus dan segar. Daun sehat dan mengkilat. Tidak ada indikasi penyakit.
  2. Pastikan tanaman merupakan jenis yang bisa dicangkok dengan teknik menumbuhkan akar. Soalnya, ada beberapa jenis tanaman yang memang sulit dicangkok. Contohnya nangka, belimbing, dan srikaya. Tanaman-tanaman tersebut bila dikerat biasanya akan layu. Tidak tumbuh akar. Batang atas cangkokan keburu mati. tanaman-tanaman ini akan lebih baik dicangkok dengan teknik menempelkan akar. Biasa dikenal dengan cangkok susu.
  3. Kerat kulit dan kambium sampai benar-benar habis. Dikerat sampai lapisan kayu. Bila perlu diamkan sejenak hingga akan terlihat kambium sudah benar-benar bersih atau tidak.
  4. Bungkus dengan media yang mudah menumbuhkan akar, bisa menyimpan air dengan bagus, tidak mudah pudar ketika hasil cangkokan dibuka. Diantaranya adalah cocopeat dan lumut kering. Banyak media alternatif lainnya.
  5. Bungkus dengan plastik hingga benar-benar rapat. Bila perlu air di media tidak bisa keluar (Tidak mudah menguap) dan air dari luar, misal air hujan, tidak mudah masuk. Karena bisa berakibat media terlalu basah (becek) sehingga akar sulit tumbuh
  6. Tali harus benar-benar kencang. Agar media menjadi padat. Akar yang tumbuh tidak mudah rusak. Dan waktu media dibuka cenderung masih utuh. Akar juga masih utuh.
  7. Lebih baik proses mencangkok ini dilakukan saat musim kemarau. Karena air tidak terlalu media. Kelembaban media cenderung stabil. Akar lebih merata tumbuhnya.

 

 

untuk detail teknis cangkok ini bisa dilihat di youtube kami, silahkan klik cara mencangkok paling prakti

Hasil cangkok bisa dilihat di gambar berikut :

This slideshow requires JavaScript.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s