Fertigasi membuat berkebun menjadi lebih ringan. Lebih menyenangkan. Lebih praktis. Tidak perlu bersusah payah menyiram secara manual yang menyita tenaga. Tidak perlu terlalu membuang-buang air. Karena dengan fertigasi penyiraman menjadi otomatis: efektif dan efesien.


Superbuah dipercaya membuat instalasi fertigasi kebun klengkeng mix durian. Kebun seluas 2 hektar ini adalah milik seorang petinggi Bank Indonesia. Dia menginginkan kebunnya yang berada di karesidenan Pekalongan ini menjadi kebun klengkeng yang produktif, subur, berbuah lebat, dan tentunya menguntungkan secara ekonomi.

Fertigasi sendiri adalah sebuah sistem penyiraman otomatis yang dikombinasikan dengan sistem pemupukan. Fertigation: fertilization & irrrigation, pemupukan sekaligus penyiraman.

image

image

image

image

image

Sistem fertigasi klengkeng dan durian ini menggabungkan model drip irrrigation (irrigasi tetes) dan model pemupukan hidroponis. Menggunakan jaringan selang-selang khusus untuk penyiraman dan alat-alat lain yang menghasilkan tetesan-tetesan air  pada dripper stick dan bekerja berdasarkan otomatisasi oleh timer digital.

Jadi kapan saatnya nyiram dan berapa volume air yang akan diterima oleh masing-masing tanaman bisa diatur oleh timer ini. Praktis, karena untuk kebun 2 hektar ini cuma dibutuhkan 1 orang operator. Itupun masih banyak waktu yang tersisa.

Kebun klengkeng ini rencananya akan dikembangkan menjadi sebuah semacam wisata buah petik sendiri. Karena itu diharapkan akan menjadi kebun dengan tampilan yang bagus. Lebat dan menarik. Karena itu fertigasi menjadi jawabannya sehingga musim kemarau pun tetap tumbuh dan berkembang.

Fertigasi klengkeng dan durian memang belum banyak yang mengembangkan. Alasannya karena biaya investasi yang lebih besar di awal. Tapi hal itu setimpal dengan kelebihan-kelebihan fertigasi kebun ini:
– tingkat kematian yang kecil
– pertumbuhan tanaman yang relatif seragam
– resiko kegagalan yang jauh berkurang
– mengurangi banyak tenaga kerja
– bekerja secara otomatis sesuai pengaturan timer
– pemupukan menjadi lebih praktis
– produktifitas buah menjadi lebih baik, jauh lebih baik dibandingkan konvensional

Untuk pembuatan dan konsultasi fertigasi kebun buah silahkan hubungi kami di WA 081931723043
telp dan SMS ke 081325666314 / 08562813733

Posted from WordPress for Android

Advertisements

6 thoughts on “Pembuatan Instalasi Fertigasi Kebun Klengkeng & Durian

  1. Meanarik mas. Saya lagi cari informasi utk membuat instalasi irigasi tetes ini, utk rencana tanem kelengkeng di kahan sekitar 7000 m2 150 an pohon kali ya???), Gimana skema nya ya? Detail alat apa saja yg dibutuhkan? dan Berapa ya kira2 kebutuhan cost nya?

  2. gimana skema peralatan utk irigasi tetes perkebunan lengkeng utk 150 tanman ya mas? apa saja item material yg dibutuhkan, brp jumlahnya, brp harganya kalo beli dari superbuah?

  3. Sy jg sdg berencana membuat irigasi tetes pd kebun jambu sy mas, tp terbentur pengetahuan, kalau boleh mas bantu sy gimana cara nya dan peralatan apa sj yg dibutuh kan,berikut skema nya, jg rincian dna nya
    Bs share ke facebook ,hp 0823 8414 6558
    jarak tanam 8×8 m ada 7baris. Ttl ada 65 pohon
    Terimakasih banyak mas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s