Salak ini memang berbeda dari beberapa jenis salak yang pernah kami makan. Berbeda dengan salak pondoh, salak Karangasem, maupun salak lainnya. Baik dari tekstur maupun rasanya.

image

image

 

Salak ini merupakan hasil pengembangan seorang petani di Jembrana, Bali. Rasanya memang tidak semanis salak pondoh maupun salak gula pasir misalnya, namun salak yang tak bernama ini mempunyai kelebihan-kelebihan lain.

Memang tidak terlalu manis, tapi segar, kombinasi rasa manis dan asam, sedikit sepat yang unik. Yang menjadikannya istimewa adalah ketika dimakan tidak membosankan seperti salak pada umumnya. Tidak membuat seret di tenggorokan dan melilit di perut. Begitulah testimoni orang-orang yang mengkonsumsinya. Makan banyak-banyak salak ini tidak membuat masalah, bahkan pengen nambah terus. Superbuah sendiri belum pernah makan salak sebanyak salak ini dalam satu Tempo sekaligus. Dan semua baik-baik saja.

Teksturnya tidak lembut seperti salak pondok. Bahkan cenderung sedikit liat. Seperti salak lokal Jawa. Warnanya pun coklat, halus, dan tidak ada ¬†butiran-butiran lembut seperti pasir yang menyebabkan sebuah salak dibilang “Masir”. Sama sekali tidak ada.

Nampaknya bukan Masir atau tidak standar enak salak ini, melainkan rasanya yang unik itu. Khas banget. Belum pernah merasakan rasa salak seperti ini sebelumnya.

Berasal dari Biji

Menurut pengakuan pemiliknya, Made Surjana, salak ini dulu dikembangkannya dari biji. Setelah melalui beberapa proses, terpilihlah salak yang enak ini dan kemudian dikembangkan hingga sekarang.

 

Tak Pernah Jual Keluar

Made mengaku, tiap 1000 rumpun salak dikebunnya itu berbuah hampir tiap hari ada orang datang membeli. Langsung di kebun. Dia tidak pernah menjual salaknya keluar. Karena selalu habis di kebun. Berbagai orang datang dari berbagai penjuru hanya ingin menikmati salaknya. Bahkan turis dari Jepang.

 

DCIM999MEDIA
Superbuah dan Salak Jembrana

 

DCIM999MEDIA
Sering jadi destinasi penyuka buah

 

DCIM999MEDIA
Penampakan salak secara utuh

 

 

 

 

 

 

 

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s