Cocopeat atau dikenal secara familiar di kalangan hobiis sebagai kokopit adalah limbah industri kulit kelapa. Digunakan secara luas dalam pertanian. Beberapa kegiatan pertanian yang biasanya menggunakan kokopit diantaranya:

img_20160518_105457.jpg

1. Campuran media tabulampot
Dalam budidaya tanaman buah dalam pot, kokopit digunakan sebagai campuran dengan sekam, sekam bakar, dan kompos. Kemampuan kokopit menyimpan air bisa membantu media dalam pot menahan air penyiraman tidak mudah hilang menguap atau mengalir keluar dari pot.

Selain itu, kokopit juga membantu menggemburkan media sehingga akar-akar baru yang masih sensitif lebih mudah tumbuh dan berkembang.

2. Media cangkok
Kokopit juga sangat bagus untuk mencangkok. Kelebihannya: bisa menahan air kelembaban media bisa selalu terjaga, lembut sehingga akar mudah tumbuh, mudah dibentuk mengikuti pembungkus, cocok terhadap akar sehingga akar yang tumbuh relatif banyak, tidak pudar ketika pembungkus cangkok dibuka pada saat penanaman

3. Media stek
Untuk media stek juga bagus. Karena sifatnya yang lembut dan bisa menyimpan air dengan baik, Batang stek relatif lebih gampang tumbuh akar. Tin, jeruk, jambu air, anggur, dan beberapa jenis buah bisa distek menggunakan kokopit ini.

4. Media budidaya hidroponik
Baik pada sistem NFT, rakit apung, maupun terutama sistem fertigasi bisa menggunakan kokopit sebagai media tumbuh akar. Pada sistem fertigasi, kokopit digunakan bersamaan dengan sekam bakar sebagai media tanam non tanahnya. Kokopit bisa melengkapi kelemahan sekam bakar yang terlalu berongga, terlalu porous sehingga kurang maksimal menahan air. Dengan penambahan kokopit, media menjadi lebih baik sifatnya sehingga lebih optimal digunakan dalam sistem budidaya soilless ini.

5. Menggemburkan tanah
Tanah dengan solum yang pendek, akan sangat bagus jika dikasih kokopit. Solum atau lapisan tanah subur bagian top soil akan mudah diperbaiki dengan penambahan kokopit. Beberapa orang sudah mencoba menambahkan limbah ini untuk menanam singkong. Hasilbya umbi singkong tumbuh lebih besar karena tanah menjadi gembur sekali dan kelembaban terjaga dengan baik.

6. Media semai biji
Untuk menyemai berbagai macam benih atau biji tanaman, kokopit juga sangat bagus. Porous, lembut, dan bisa menahan air dengan baik membuat biji lebih mudah tumbuh secara lebih merata.

Semoga tulisan ini bermanfaat.
Untuk kebutuhan kokopit dalam jumlah besar silahkan hubungi kami WA 081931724043
SMS telp di 081425666314, 08563813733

image

Posted from WordPress for Android

Advertisements

One thought on “Cocopit, Limbah Industri Kulit Kelapa yang Banyak Manfaatnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s