Superbuah kembali diajak oleh Balai Latihan Kerja Masyarakat dan Transmigrasi Denpasar menjadi salah satu pemandu pelatihan. Kali ini kami memandu pelatihan Hortikultura di desa Sorinomo, Kec. Pekat, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Sebuah desa yang dulunya adalah lokasi transmigrasi. Dihuni oleh penduduk yang berasal dari lombok yang mengikuti transmigrasi ke sini pada tahun 80an lalu.

Sekarang, desa ini sudah cukup berkembang. Ditandai sudah banyak unit usaha yang variatif, toko, bengkel, dan unit usaha pertanian.

Materi-materi yang disampaikan dalam pelatihan ini meliputi dasar-dasar hortikultura, pupuk dan pemupukan, perbanyakan generatif dan vegetatif, pengendalian hama,  serta pemasaran.

Pemandu dan pemateri pelatihan berasal dari berbagai pihak. Dari kami sendiri (superbuah), tim trainer Balai Latihan Kerja dan Transmigrasi, dan juga dari Dinas Pertanian Dompu.

Diikuti oleh 30 peserta dari seluruh dusun di desa ini.  Pelatihan ini berjalan cukup menggembirakan. Beberpa hal yang baru dalam budidaya pertanian menjadi daya tarik sendiri. Terutama dalan hal teknik perbanyakan tanaman. Mulai dari stek, okulasi, sambung sisip, sambung pucuk, sambung susu, cangkok, cangkok susu, dan top working. Serta pengembangan teknik lainnya.

Juga soal pengolahan lahan, pupuk dan pemupukan, sera pengendalian hama terpadu. Lebih dari itu spirit petani entrepreneur juga ditanamkan. Bukan sekedar menanam, tapj juga mampu menjadi pribadi yang kreatif dalan menjalankan usaha pertanian.

Pula soal lingkungan hidup. Nilai-nilai konservasi lingkungan hidup sering pula diselipkan. Agar tidak sekedar produksi, melainkan juga melestarikan.

Pelatihan ini berlangsung dimulai dari 16-23 maret 2016. Diselenggarakan di balai desa Sorinomo kecamatan pekat kabupaten dompu, Nusa Tenggara Barat.

image

image

image

image
Kompak
image
Ibu-ibu melakukan kegiatan penyemaian
image
Pembuatan mikro organisme lokal (MOL)
image
Praktek pembuatan kompos

image

Untuk penyelnggaraan pelatihan dan konsultasi seputar hortikultura, terutama tanaman buah silahkan hubungi kami di WA 081931723043 atau telp di 081325666314.

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s