Bidara, Pohon Magis yang menyukai Keringnya Savana

Bidara, dalam hal ini adalah bidara laut, yang mempunyai nama ilmiah zizhipus mauritiana merupakan tanaman yang banyak manfaatnya.

Kayunya keras, buahnya banyak, daunnya bisa untuk herbal dan keperluan keagamaan, dan bijinya bisa untuk seedling putsa. Sebagai tanaman batang bawah sambungan buah putsa (apel india)

Bidara laut ini sangat dekat kerabatnya dengan bidara Arab (Zizhipus christi) atau sidr. Bidara Arab inilah yang mempunyai keterkaitan sejarah dengan agama samawi: yahudi, nasrani, dan islam. Yakni sebagai tanaman yang berduri sangat tajam yang digunakan untuk mahkota Yesus ketika disalib. Juga sebagai tanaman untuk mengusir jin yang dilakukan oleh rasul Muhammad pada suatu waktu.

Bidara Arab juga biasa juga dicari untuk digunakan dalam pengobatan rohaniah (rukyah) dan pengobatan herbal.

Namun demikian, karena tingkat kekerabatan yang sangat dekat dengan sidr bidara laut juga banyak dipakai untuk keperluan di atas. Superbuah sudah sering mendapatkan pesanan bidara laut dari orang-orang yang ingin menggunakannya sebagai media rukyah ataupun herbal. Baik berupa biji, bibit, maupun daunnya.

Padahal, pada awalnya kami membuat seedlingnya untuk disambung dengan putsa. Namun apa nyana, sering habis dibeli orang untuk keperluan lain.

Terkait dengan hal magis, ada sebuah kejadian unik di nurseri kami. Suatu kali, seorang pembeli datang ke kami ingin membeli pupuk. Anehnya, orang itu tahu kalau di nurseri kami ada bidara. Padahal tanaman bidara ini tersimpan jauh di belakang kebun sama sekali belum dia lihat. Katanya pelangga tersebut memang mempunyak kemampuan merasakan keberadaan pohon bidara meski kecil. Mampu mengaromanya, karen dia pernah dideteksi ada jin di tubuh rohaninya. Ada-ada saja, tapi ini kejadian nyata loh.

Bidara banyak tumbuh di daerah kering. Kami lihat banyak tumbuh di pulau Bali ke timur, Nusa Tenggara Barat, hingga Nusa Tenggara Timur. Banyak tumbuh di pinggiran laut. Di dompu, padang savana yang super lapang banyak juga tersembul pohon bidara ini tumbuh rimbun.

image

image

image

Tumbuh kuat dan rimbun meski di daerah gersang nan kering. Pada musim hujan, daun akan sangat rimbun. Namun tiada buah sama sekali.

Pada saat kemarau, daun mulai berguguran namun buahnya sangat ranum. Bertebaran baik di dahan-dahannya maupun berjatuhan di tanah.

Buah ini seukuran kelereng. Berasa asam sepet. Kurang enak. Biji sangat keras, namun masih gampang disemai.

Untuk mendapatkan biji, bibit, ataupun daun silahkan hubungi kami di WA 081931723043, SMS/TLP 081325666314, 08562813733

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s