image

image

image

image

Warna buah mudanya begitu menggoda, ungu cerah merona. Pantas saja dia mampu membuat lensa mata ini auto fokus pada yang menyembul diantara semak-semak belukar yang memeluknya. Kontras dengan hijaunya belukar, warna ungunya begitu menonjol indah.

Nanas liar ini kami temukan di lahan desa di salah satu lahan di kabupaten tegal. Bukan lahan produktif, melainkan lahan yang tidak diolah dan liar tidak beraturan.

Waktu remaja, buah nanas ini tampak  besar ukurannya, tampak jauh lebih besar daripada ukuran nanas pada umumnya. Bisa dikatakan jumbo.

Nanas yang belum matang kami kupas dan kami cicipi, hmm….rasanya tida kecut meskipun tidak bisa dikatakan manis. Juicy, sangat berair teksturnya ketika kami cecap dagingnya yang berwarna putih.

Pada kondisi mentah, nanas ini berkulit hijau gelap dengan mahkota yang tidak berduri. Begitu pula dengan daun-daun utama yang tampak panjang juga tidak berduri, sepanjang sisi daun tampak halus mulus tidak akan melukai kulit jika tergores.

Pada kondisi matang sempurna, Kulit nanas ini menjadi berwarna kuning cerah, menarik..!! Ketika kami kupas kulitnya nampaklah daging buah yang tebal berwarna kuning juga.

Tekturnya juga juicy, mengandung banyak air, jadi sangat menyegarkan kami yang kehausan di tengah ladang yang panas saat itu. Lalu bagaimana rasanya?

Hmmm….bolehlah kami katakan nanas ini termasuk manis diantara buah “pitik walik sobo kebon” yang pernah kami rasakan. Tidak ada kecutnya, pokoknya menurut kami cukup enak.

Apa sih nama nanas ini? Terus terang kami sendiri tidak tahu apa nama nanas ini, dan belum begitu penting menamainya he he

 

Yang jelas, keluarga bromelia ini kami temukan di lahan yang tidak berpenghuni, bukan lahan budidaya, tumbuh secara serampangan liar, alami tanpa bantuan manusia.

Kamu tahu apa kira-kira nama nanas ini?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s