image

Jambu merah ini sudah cukup terkenal di kalangan hobiis tanaman buah. Karena ukuran yang terbilang besar, warna yang menarik dengan guratan-guratan otot permukaan kulit yang menjadikannya tampak lebih atraktif. Lagipula, dagingnya memang tebal sering tanpa biji dilengkapi rasa yang manis sedikit asam segar, lengkap, kan?

Dalhari adalah varian lokal dari Sleman Yogyakarta dengan nama yg diderivasi dari “penemunya” bapak Dalhari.

Untuk tabulampot, tanaman buah dalam pot, jambu ini sangat cocok karena adaptabilitasnya yang cukup baik, genjah dan buah yang bisa rimbun meski di dalam pot.

Di Yogyakarta, pada musim berbuahnya, dalhari sering dijumpai dijajakan di pinggir jalan. Ukuran yang tergolong cukup jumbo dengan warna merah merona diselingi guratan-guratan yang seolah berotot daging renyah sering menarik pengendara untuk menghampiri, termasuk superbuah yang pernah tertawan pandangan pada saat menjumpainya pada acara sunday morning market di Universitas Gadjah Mada.

Advertisements

2 thoughts on “Dalhari, Jambu Air Lokal Andalan yang Besar dan Gampang Berbuah

  1. Saya tanam bibit jambu Dalhari yg saya pesan lewat on line alhamdulillah sdh tumbuh dan semakin tinggi dan banyak tantung serta daunya, namun sayang ada beberapa pohon daunya pada keriting /menggulung dan berwarna hitam banyak didiami semut /hama. Mohon oetunjuk dan saranya. Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s