image

Banyak teknik grafting dalam perbanyakan tanaman. Okulasi, sambung sisip, sambung pucuk, dll termasuk yg terbaru adalah sambung jembatan.

Disebut sambung jembatan karena teknik ini seperti menciptakan jembatan untuk dilewati nutrisi pada lapisan kambium dan floem.

Batang seedling (rootstock)  dikerat seperti teknik mau mencangkok, tujuannya untuk menghilangkan lapisan kambium dan floem dimana aliran nutrisi dari bagian atas tanaman lewat. Pengeratan ini akan memutus aliran nutrisi secara total.

Kemudian ditempelkan entres melintang, menghubungkan kedua jaringa kulit kedua bagian dan ditutup dengan plastik bening seperti teknik sambung sisip pada umumnya.

Nutrisi akan secara terpaksa melewati entres ini dan karena itu wajar jika tingkat keberhasilan teknik ini sangat tinggi, karena entres langsung dimodifikasi menjadi bagian jaringan tubuh tanaman yg mengalirkan makanan, karena itu langsung hidup.

Berdasarkan pengalaman, teknik ini sangat bagus dipakai untuk tanaman-tanaman yang susah diokulasi, sambung sisip, maupun pucuk.

image

 

image

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s