Top Working
Top Working

Salah satu teknik “perbaikan” pohon yg kurang kita sukai dengan varietas yg lebih kita inginkan dan kita anggap lebih baik adalah yg biasa disebut top working. Yakni mengganti bagian ujung pohon yg sudah mapan dengan varitas baru dengan teknik grafting. Pohon dipotong habis ujungnya tdk menyisakan cabang maupun daun dan kemudian dsambung dengan entres varietas baru.

Seperti gambar ilustrasi, jambu biji yg sudah tumbuh mapan kami potong ujungnya dan kemudian kami sambung dengan strawberry guava. Masih sama-sama keluarga jambu biji (guava)
Beberapa tujuan utama melakukan top working ini diantaranya :
– merubah pohon yg tadinya dianggap kurang bagus mnjd lebih bagus, atau sesuai yg diharapkan. Kami punya pohon mangga telor yg asam sudah besar dan kami potong kemudian kami ganti dengan duo giant: khiojay dan mahatir. Sekarang pohon itu sudah mulai berbuah lagi, terutama yg mahatir.
– meremajakan pohon. Pada pohon yg sudah tua, bisa kita remajakan dgn cara memotongnya dan kemudian kita tambahi dengan sambungan jenis baru
– memacu pertumbuhan entres. Pada pembibitan, pertumbuhan tanaman sangat penting artinya untuk melipatgandakan bibit. Teknik memacunya ini salah satunya dengan top working. Entres disambung pada pohon yg sudah besar dan mapan, maka pertumbuhannya akan sangat pesat, dan itu artinya semakin banyak mata tunas, ranting, bahkan cabang untuk dijadikan entres, yakni bagian tanaman yg dijadikan bahan atas sambungan.
– menciptakan bibit yg besar dalam waktu yg instan. Bayangkan jika kita membuat perkebunan buah dengan bibit yg sudah berukuran tinggi lebih dari 1 m, maka tentu akan lebih cepat menghasikan buah dibandingkan menanamnya dari bibit yg berukuan kurang dri 40 cm. Bibit besar ini bisa kita ciptakan dengan teknik top working, memanfaatkan pohon2 buah yg sudah besar kemudian didongkel dan disambung dengan jenis baru dengan teknik top working.
Variasi teknik top working ada banyak, tergantung improvisasi pekebun dan hobiis, tidak ada standar baku krn teknik ini juga berkembang terus. Tekniknya yang biasa superbuah lakukan akan kami posting pada kesempatan yg lain.
Selamat berkebun

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s