R

Banyak jenis mangga menarik yang bisa dikembangkan
Banyak jenis mangga menarik yang bisa dikembangkan

uang sosia media menawarkan peluang yang sama bagi kita, menjadi penyebar fitnah, tukang gosip, sekedar eksis ataukah menjadi jurnalis yang membangun kebaikan, bisa juga marketer yang lbh bermanfaat, semuanya adalah pilihan.

Lewat akun kita masing-masing, mau tidak mau kita memang menjadi jurnalis. Mengumpulkan, mengolah, dan menyebarkan berita. Dari yang sentimentil, lebay, hingga politis idiologis.

Lewat akun ini, tujuan kami salah satunya adalah ingin mengajak sebanyak mungkin orang untuk menyenangi dunia tanaman buah dan pada akhirnya ikut menanam. Setelah itu, tidak berhenti hanya memanen buahnya tapi juga ikut menyebarkan semangat menanam tersebut ke siapa saja kapan saja.

Lingkungan yang semakin kritis karena berkurangnya pohon, bukan sekedar untuk didiskusikan atau sekedar kita tulis dalam status keprihatinan kita, namun aksi-aksi kecil menanam pohon mulai dari lingkungan terdekat kita adalah sebuah kemuliaan.

Sosial media juga menjadikan tiap orang sebagai marketer. Memasarkan dalam pengertian mempengaruhi orang lain untuk ikut gagasan kita atau menjual barang dalam pengertian sesungguhnya.

Juallah pohonmu..!! Agar semakin banyak orang yang menanam. Jangan sekedar hobi mengoleksi tapi promosikan bibit yang sudah kita produksi sendiri. Salah satunya lewat sosmed tentunya. Selain ada incomen tambahan, juga semakin banyak teman-teman kita yang ikut menanam. Akan semakin banyak pohon yang tertanam tentunya.

Tidak bisa memproduksi bibit sendiri? Coba mulai dari teknik yang paling sederhana: cangkok. Kerat batang cabang berkayu hingga hilang kambiumnya, dan bungkus dengan bahan yang bisa menyimpan kelembaban/air serta bisa ditembus akar. Cocopeat, sabut kelapa, tanah subur, kompos, moss, rockwool, sekam adalah beberapa diantaranya. Simpel..!!

Secara bertahap nanti belajar grafting: okulasi, sambung sisip, sambung pucuk, cangkok susu, sambung susu, dll. Bukan hal yang susah, asal mau melakukannya secara bertahap. Semua itu juga bukan ilmu mistik yang serba remang-remang dan penuh spekulasi yang tdk rasional. Hanya soal teknik.

Tanam, perbanyak, dan jual. Lingkungan menjadi lebih hijau dengan indukan pohon yang semakin membesar, bibit menjadi lbh banyak untuk disebarkan lagi. Tidak harus dijual, jika anda berhati lbh mulia kasihkanlah bibit buatan anda tersebut ke orang lain.

Superbuah mengajak anda semua untuk menjadi jurnalis dan marketer pohon. Mengembangkan sebanyak mungkin pohon, menanamnya, menyebarkan berita dan bibitnya, serta menjadikan lingkungan lebih hijau menyenangkan. Siapapun anda, selalu punya waktu untuk hal ini jika meniatkan diri.

Sanggar kami sangat terbuka untuk siapa saja belajar bersama tentang pohon, terutama pohon buah. Ingat, pohon bisa hidup dan berkembang tanpa manusia, namun manusia tidak bisa hidup dan berkembang tanpa pohon. Siapa lebih membutuhkan siapa? Mari kita ajak semakin banyak orang untuk berkebun.

Selamat berkebun dan tetap bahagia

NB. foto dari Google adalah mangga irwin, mangga yang berwarna kulit ungu berasa manis dan sedikit asam segar, mudah berbuah dan indah. kami menyediakan bibitnya juga

Advertisements

One thought on “SOSMED DAN SPIRIT GREENPRENEUR; TANAM DAN SEBARKAN….!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s