klengkeng new kristal
klengkeng new kristal

Jika ingin kaya berinvestasilah, karena dgn berinvestasi kita sedang mengupayakan pertumbuhan yg akan kita panen kelak. Tanpa investasimaka kita hanya akan selalu bekerja dgn hasil yg begitu2 saja, padahal inflasi berjalan terus, harga2 naik terus, juga kebutuhan kita juga semakin membesar.
Pohon sebenarnya sudah menjadi komoditas investasi sejak dulu, baik kayu, buah, bunga, maupun diambil getahnya. Sawit, karet, sengon, jati, mangga, durian, klengkeng, dll.
Sudah banyak cerita sukses tentang pekebun yg menjadi makmur karenanya. Bukankah belanda, portugis, jepang, datang ke nusantara karena tergiur oleh hasil dari pohon2? Maka saya kira investasi yg terkait pohon masihlah mmberi harapan yg besar akan janji kemakmuran.
Tapi, banyak juga cerita kegagalan dlm investasi pohon ini. Kesalahan teknik, kesalahan memilih komoditas, kondisi pasar dan juga masalah sosial bisa menjadi penyebabnya.
Saya kenal seorang pekebun yg menanam 1 ha lahan dgn klengkeng, namun gagal mengubahnya menjadi duit sesuai harapan. Padahal pohon klengkeng ini tumbuh dengan amat subur, rimbun, dan berbuah lebat. Penyebabnya adalah ketidaktepatan memilih varietas yg disukai pasar. Diamond river, kristalin, aruma durian, dan jenis2 klengkeng dataran rendah lainnya sebenarnya bagus dalam kategori yg lain, tapi mmng kurang bagus untuk menjawab yg diinginkan pasar.
Buah yg relatif kecil, tekstur daging yg lembek becek, meskipun rasanya manis agaknya menjadikan klengkeng tersebut susah untuk dikomersilkan buahnya. Berbeda dgn pekebun yg belakangan mengebunkan varietas new kristal yg mmpunyai tekstur daging keset, rasa manis, berukuran besar, juga berdaging tebal agaknya mampu bertanding vise a vise dengan klengkeng impor thailand yg terlebih dulu exist di pasar dlm negeri. Yah, new kristal ini juga kan asal muasalnya dari negeri thai pula. Tapi apalah arti asal muasal, yg penting bisa dikembangkan cukup baik di sini.
Sekarang ini, sudah mulai bermunculan pekebun yg menanami lahannya dengan new kristal, mulai dari yg skala rumah tangga menanam hitungan satuan, puluhan, ratusan, bahkan mulai ada yg mengebunkan skala hektar.
Mereka berani karena sudah melihat bukti di sana sini, bukan sekedar melihat di layar ponsel pada kabar medsos yg berseliweran. Ya, new kristal ini nampaknya yg sdg banyak dilirik untuk dikebunkan sebagai investasi, selain durian tentunya. Faktanya, pada bidang agribisnis ada banyak sekali peluang investasi yg bisa dilakukan. Meskipun banyak yg bilang agribisnis slh 1 yg paling besar resikonya, tapi ttp saja menjadi slh 1 yg plng mnggiurkan.
Selamat berkebun, selamat berinnvestasi, untuk free konsultasi, bibit, dan lainnya silahkan hubungi kami. We well open for every one to learn

11162202_1582664018679508_1261087924305192159_n

new kristal: Daging tebal dan biji kecil, daging juga keset
new kristal: Daging tebal dan biji kecil, daging juga keset

1459214_1582664255346151_7305117238621554109_n

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s