Buah ini sebenarnya masuk dalam kategori bidara, hanya saja dibandingkan dengan yang ada di indonesia, putsa lebih besar, seukuran apel manalagi.

Buah yang menyerupai apel ini bukanlah apel sesungguhnya, melainkan dari genus yang berbeda dengan apel. Hanya saja, rupa yanf mirip dengan apel kemudian putsa ini disebut sebagai apel. Mungkin karena asal muasalnya dari India mungkin.

Di indonesia, banyak terdapat buah yang mirip dengan putsa ini tapi berukuran kecil, namanya bidara, atau kalau di Bali disebut bekul. Banyak tumbuh di daerah-daerah yang kering dan berkapur, bekul ini sering dijadikan batang bawah atau rootstock untuk okulasi, sambung pucuk ataupun sambung sisip putsa.

Putsa berasa manis (tdk terlalu manis) dan sedikit asam. Berbuah sangat rajin tidak kenal musim, karena itu sangat cocok ditambulampot ataupun dikebunkan.

Pohon sedikit berduri, sangat menyukai paparan sinar matahari langsung. Perbanyakannya dengan sambung ke batang bawah bidara, okulasi ataupun sambung pucuk. Susah untuk dicangkok ataupun dijembangkan dari biji.

Untuk mengoleksi bibitnya silahkan kontak 081931723043, 081325666314

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s