Buah Utu/Parartocarpus venenosa Becc

image

Bentuk mirip nangka, tapi tidak beraturan, ukuran juga lebih kecil, juga tidak lonjong seperti buah nangka pada umumnya. Perbedaan-perbedaan itulah yang membetot mata saya untuk mengeksplore lebih jauh ketika mendapati buah ini di pasar tradisional klungkung Bali.

Singkat kata, akhirnya saya membeli satu buah untuk saya bawa pulang dan mau saya peram. Berdasarkan informasi penjualnya, buah ini biasa disebut buah Utu. Buah yang biasa digunakan sebagai salah satu sajian upacara hari-hari besar agama hindu. Tetapi, menurut penjualnya, buah ini juga bisa dikonsumsi layaknya nangka.

Pada saat tulisan ini dibuat, Utu yang saya beli belum matang dan harus saya peram dulu untuk beberapa hari sehingga bisa saya nikmati sensasi manis asam daging buahnya. Ya, berdasarkan penelusuran informasi, buah ini katanya rasanya agak asam dan sangat cocok untuk dinikmati sebagai sajian rujak.

image

Leave a Reply

