image
Penampakan depan

image

image
Buah utuh di pohon

Awalnya, saya menemukan pisang ini nangkring di antara deretan pisang di sebuah lapak penjual di pasar tradisional Klungkung Bali. Penampakan yang unik, bentuk pisang yang kecil memanjang dan bengkok, serta jumlah tandan yang banyak memang telah memikat mata dan hati saya.

Saya membelinya dan mengkonsumsinya, hmm……yang bikin unik ternyata rasanya manis seperti pisang ambon tapi ada asamnya, tidak seperti pisang pada umumnya.

Rasa ketertarikan dan penasaran saya konfirmasikan ke beberapa grup buah di facebook dan saya tanyakan langsung ke penduduk lokal: pisang rejuna, gancan, bawen, dan jari buaya, itulah beberapa nama yang disematkan ke pisang ini.

Saya menelusuri keberadaan pohonnya, ternyata pisang ini tidak banyak, meskipun tidak bisa dibilang langka sekali.

Leave a Reply

